Senin Pagi, 21 Oktober 2024: Titik 0 KM Kota Sukabumi

Assalamualaikum wr. wb.

Sahabat blogger, jumpa kembali dengan hari Senin. Semoga sahabat tetap semangat dan terhindar dari sindrom "Monday Blues" yang terkadang menyerang diri saat berhadapan dengan hari Senin.

Seperti biasa, saya tetap setia dengan aktivitas setiap pagi yaitu jalan kaki. Bagi saya ini cara yang mudah, murah dan sederhana untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di saat usia saya telah senja.

Senin pagi ini saya jalan kaki melewati jalan-jalan di Sukabumi. Sambil berjalan kaki saya melihat-lihat suasana pagi di sekitar jalan yang saya lewati.

Saya melewati Jalan A. Yani. Di kiri-kanan jalan ini terdapat banyak pertokoan dan mall bernama Citimall. Di jalur pedestrian banyak juga pedagang-pedagang, baik pedagang kuliner maupun pedagang-pedagang lain seperti pedagang pernik-pernik yang berhubungan dengan gadget.

Jalan A. Yani ini akan macet dengan berbagai macam kendaraan dan orang-orang terutama saat hari libur. Bolehlah dikatakan kalau Jalan A. Yani ini semacam pusat bisnis kota Sukabumi.

Ini kondisi Jalan A. Yani tadi pagi sekitar jam 07.00. 

Suasana Jalan A. Yani disekitar Citimall

Di beberapa titik Jalan A. Yani telah ditanami pohon. Saya tidak tahu pohon apa yang ditanam. Melihatnya saya jadi berharap, semoga beberapa tahun ke depan pohon-pohon ini akan besar dan rindang sehingga memberi kesejukan di area tersebut.

Di Jalan A. Yani juga terdapat titik yang merupakan Titik 0 KM Kota Sukabumi. Ruas jalan pada Titik 0 KM tersebut ditandai dengan bermacam warna. 

Sepertinya ada perubahan desain pada penandaan titik nol ini sehingga kini tidak ada lagi bermacam warna. Memandangnya saya merasa sedikit kecewa, sepertinya titik nol ini tidak terawat dengan baik. Perhatikan saja seperti ada paving block yang pecah pada lingkaran bagian dalam.

Titik 0 KM Sukabumi - saat ini

Bandingkan dengan tanda Titik 0 KM pada bulan Januari 2022 yang saya simpan pada akun IG saya. Sungguh sangat jauh berbeda.

Titik 0 KM Sukabumi - Januari 2022

Harapan saya, apapun corak desain titik nol semoga Pemerintah Kota Sukabumi merawat dan memelihara dengan baik sehingga sedap dipandang mata.

Demikian sedikit cerita saya di hari Senin ini.

Keep writing and happy blogging!


Sukabumi, 21 Oktober 2024


Komentar