Jumpa Kembali Setelah 44 Tahun Berpisah

Assalamualaikum wr. wb.

Kami bertiga, saya (BS), IG dan AA, bersahabat sejak dahulu ketika duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), antara tahun 1971 sampai 1976. Kemudian ketika melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP), kami bersekolah di sekolah yang sama yaitu di SMP Negeri 1, Sukabumi.

Tahun 1980 kami lulus dari SMP, kemudian melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun tidak seperti yang diharapkan, ternyata kami tidak dapat bersekolah di SMA yang sama. Maka sejak 1980 itu kami saling tidak jumpa. Benar-benar lost contact.

Rupanya sudah takdir perjalanan hidup kami, secara tak terduga dan diluar rencana, kami bertemu kembali setelah 44 tahun berpisah.

Pertemuan kami bertiga terjadi pada pertengahan bulan Mei 2024. Ah betapa senang dan bahagia berjumpa kembali walau pertama terasa demikian canggung karena keadaan diri masing-masing yang telah banyak berubah.

Jumpa kembali setelah 44 tahun berpisah

Ya, yang jelas tentunya perubahan pada fisik diri masing-masing. Sadar diri saja kalau usia kami kini sudah mencapai 60 tahun, kulit sudah keriput, rambut sudah memutih beruban, bahkan beberapa gigi saya sudah tanggal. Ah ya kini kami bukan anak-anak lagi, bukan remaja lagi, tapi sudah kakek...😥

Ketika saya tunjukkan foto tahun 1976 saat perpisahan SD, mata kami sibuk menatap satu demi satu wajah yang ada pada foto tersebut. Wajah polos anak-anak berusia 12 tahunan. Sayangnya pada momen perpisahan tersebut - yang diprakarsai oleh Pak Guru untuk mengadakan tour ke pantai Palabuhanratu - tidak seluruh teman-teman SD turut serta. 

Foto perpisahan itu menjadi medium untuk kami bertiga kembali ke masa kecil kami. Yang berdiri dan berkaca mata adalah Pak Guru, kini beliau sudah meninggal dunia. Beberapa orang teman, baik yang ada pada foto tersebut maupun yang tidak, juga sudah ada yang meninggal dunia. Beberapa kini tinggal di luar kota Sukabumi dan sudah memasuki masa pensiun.

Momen perpisahan SD, Palabuhanratu, 1976

Pertemuan kembali itu membuahkan keinginan untuk mengumpulkan teman-teman SD. Moga saja kami dapat menemukan jejak teman-teman SD baik yang tinggal dekat maupun yang jauh dan berbeda kota.

Mengadakan reuni teman-teman SD? Ya, kalau memungkinkan. 

Semoga acara reunian dapat terlaksana dalam waktu dekat.


Sukabumi, 11 Oktober 2024


Komentar

  1. Alhamdulillah, masih direzekikan untuk menyambung kembali talian persahabatan walaupun telah 44 tahun berpisah. Semoga terus erat silaturrahimnya Pak Asa.

    BalasHapus
  2. Syukur... Semuanya masih dilimpah rezeki

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah singgah dan membaca tulisan saya. Bila berkenan, silahkan sahabat tinggalkan komentar. Cepat atau lambat saya akan membalas komentarnya dan mengunjungi blog sahabat.

Mohon ma'af komentar yang menyertakan link hidup akan saya hapus.