Lagu & Kenangan: Yesterday Once More

Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar sahabat-sahabat blogger dimanapun kalian berada? 

Semoga kalian baik-baik dan selalu dalam lindunganNYA.

Sahabat-sahabat, apakah kalian suka mendengarkan radio? Saya sendiri saat ini jarang sekali mendengarkan radio, tak seperti dahulu ketika saya duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengan Atas (SMA).

Saya jadi teringat tentang radio ini gara-gara minggu lalu saya menulis tentang sahabat-sahabat Sekolah Dasar (SD) hingga SMP, disini. Kalau tidak salah sejak saya duduk di bangku kelas 2 SMP, sekitar tahun 1978/79, saya mempunyai hobi baru. Hobi itu adalah menyimak musik lewat radio.

Saat itu ada beberapa stasiun radio swasta di Sukabumi. Ada satu stasiun radio yang selalu saya dengarkan karena radio itu banyak memiliki program acara yang dikhususkan bagi para remaja. Patut dicatat saat itu belum dikenal gelombang radio FM, jadi siaran radio-radio swasta menggunakan gelombang MW yang kualitas suaranya tidak sejernih gelombang FM dan tidak stereo.

Salah satu program acara yang selalu saya simak adalah Album Kenangan yang khusus memutar lagu-lagu lawas atau lagu-lagu yang termasuk dalam kategori Evergreen Hits. Program ini berlangsung malam hari dari jam 20.00 sampai jam 21.00. 

Entahlah saya suka dengan lagu-lagu lawas yang sering diputar pada program ini. Menurut saya saat itu, lagu-lagu lawas itu enak didengar, merdu, tenang dan tidak rumit.

Program itu bersifat interaktif. Maksudnya para pendengar dapat me-request lagu apa yang ingin diputarkan disertai dengan pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh pemesan lagu itu.

Nah, urusan pesan dan memesan lagu itu disampaikan via kartu pos. Seumpama saya ingin me-request lagu, siang hari sepulang sekolah saya mampir ke kantor pos. Membeli kartu pos dan prangko, kemudian menuliskan judul lagu yang ingin diputar dan pesan yang ingin disampaikan pada kartu pos tersebut dan mengirimkan kartu pos ke alamat stasiun radio. 

Biasanya saya menyimak radio pada malam hari saat saya mengerjakan tugas-tugas sekolah dari beberapa mata pelajaran. Istilahnya mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR).

Betapa asyiknya mengerjakan PR sambil menyimak radio. Lebih asyik lagu kalau pesan yang telah saya tuliskan pada kartu pos dibacakan dan lagu pesanan saya diputarkan.

Salah satu lagu lawas yang sering diputarkan - juga sering saya pesan - dan tetap teringat lirik lagu tersebut sampai saat ini, begini... 

When I was young,

I'd listen to the radio,

Waitin' for my favorite songs,

When they played I'd sing along,

It made me smile...

Ya, lagu itu dibawakan oleh grup Carpenters berjudul Yesterday Once More

Lagu tersebut sering sekali diputar. Mungkin karena sering mendengarnya saya jatuh cinta pada lagu tersebut dan akhirnya kalau mengirim pesanan lagu saya sering memesan lagu tersebut.

Karena judul lagunya panjang, bila saya me-request lagu itu saya hanya menulis..."bang penyiar, tolong diputarkan lagu berjudul the radio ya...". Bang penyiar pun paham lagu apa yang saya maksud.

Carpenters | source: youtube daitsong music

Kalau dipikir sekarang, rasanya koq lucu juga saya saat itu. Begitu inginnya saya ikut serta pada program acara Album Kenangan sampai demikian bersusah payah saat pulang sekolah mampir dahulu ke kantor pos sekadar ingin mengirimkan pesan dan pesanan lagu ke studio radio.

Sayang sekali saya tak menemukan foto-foto saat saya duduk di bangku SMP. Hanya satu foto dibawah ini yang tersimpan pada album foto; foto sekitar tahun 78/79 saat saya duduk di bangku kelas 2 SMP. 

Saya memegang senapan angin - Tahun 78/79

Foto tersebut diambil saat istirahat setelah lelah berjalan kaki di gunung. Saya yang memegang senapan angin. Senapan angin itu kepunyaan teman saya. 

Syukurlah, selama beberapa kali naik gunung dan membawa senapan angin, tak satupun burung yang berhasil kami tembak.

Kini saatnya saya mengajak sahabat sekalian untuk menyimak lagu Yesterday Once More dari Carpenters, lagu yang pertama kali dirilis pada tahun 1973.

Puluhan tahun telah berlalu...

Kini bila mendengarkan kembali lagu itu, berlarian kenangan saat saya duduk di bangku SMP terutama saat mengerjakan PR berteman musik yang mengalun dari radio.

All my best memories,

Come back clearly to me,

Some can even make me cry,

Just like before,

It's yesterday once more...


Sukabumi, 20 Oktober 2024

Komentar