Happy Birthday "Lady Day"

Hari ini, 7 April, bertepatan dengan kelahiran salah satu penyanyi jazz wanita terkenal, penyanyi jazz favorit saya, Billie Holiday.

Billie Holiday (7 April 1915 – 17 Juli 1959), aslinya bernama Eleanora Fagan kemudian dijuluki dengan sebutan “Lady Day“, adalah penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat. Billie dianggap sebagai salah satu penyanyi wanita paling penting dalam sejarah Amerika Serikat serta penyanyi jazz wanita terbesar sepanjang masa, bersama Sarah Vaughan dan Ella Fitzgerald.

Pada tahun 1928 Billie pindah dengan ibunya dari Baltimore, Maryland (tempat dia menghabiskan masa kecilnya), ke New York City. Setelah tiga tahun hidup dengan berbagai cara, Billie mendapatkan pekerjaan sebagai penyanyi di klub malam Harlem.

Billie tidak pernah mengenyam pendidikan musik formal, tetapi dengan naluri struktur musik dan dengan banyak pengalaman yang dikumpulkan di tingkat dasar jazz dan blues, Billie mampu mengembangkan gaya bernyanyi yang sangat mengharukan dan individual. Inilah keunikan seorang Billie Holiday.

Pada tahun 1933 Billie membuat rekaman pertamanya dengan Benny Goodman. Rekamannya antara tahun 1936 dan 1942 menandai tahun-tahun puncaknya. Selama periode itu dia sering dikaitkan dengan pemain saksofon Lester Young, yang memberinya julukan “Lady Day“.

Billie Holiday di Downbeat Jazz Club, February 1947 | Sumber: wikipedia.org

Salah satu lagu paling terkenal yang dinyanyikan oleh Billie adalah “Strange Fruit“. Lirik lagu ini mengutuk rasialisme yang terjadi di Amerika pada zamannya. Lagu “Strange Fruit” menjadi Song of The Century atau lagu paling hebat di abad ke 20 di seluruh Dunia. “Strange Fruit” bertutur tentang Lynching, hukuman mati tanpa pengadilan, oleh massa terhadap orang orang Afrika-Amerika yang tak bersalah dan banyak terjadi di daerah selatan saat lagu ini diciptakan.

Beberapa lagu yang selalu dikaitkan dan mengingatkan sosok Billie diantaranya, “Strange Fruit“, “Fine and Mellow“, “The Man I Love“, “Billie’s Blues“, “God Bless the Child“, dan “I Wished on the Moon“.

Billie Holiday & Ella Fitzgerald | Sumber: IG @firstladyofsong

Pada tahun 1956, bersama William Dufty, Billie menulis otobiografi berjudul “Lady Sings the Blues“. Selain judul otobiografi “Lady Sings the Blues” juga merupakan judul lagu dan judul album yang di rilis pada tahun 1956. Kemudian pada tahun 1972 otobiografi tersebut dibuat film (biopic) dengan bintang utama Diana Ross yang berperan sebagai Billie Holiday.

Karena kesehatannya yang semakin menurun akibat obat-obatan dan alkohol, Billie meninggal pada 17 Juli 1959, pada usia 44 tahun.

Untuk mengenang Billie Holiday, mari simak salah satu lagu yang dipopulerkan oleh Billie, “God Bless the Child“, berikut ini.


Sebagai tambahan, simak bagaimana Diana Ross membawakan lagu “God Bless the Child” pada film biopic “Lady Sings the Blues” dibawah ini.


Sukabumi, 7 April 2023

Komentar