Menikmati Bubur Ayam Cianjur di Cianjur


Kemarin pagi, Rabu 15 Maret 2023, agak tergesa-gesa menuju stasiun kereta Sukabumi. Khawatir ketinggalan kereta pertama tujuan ke Cianjur yang berangkat jam 05.45 pagi.

Naik kereta ke Cianjur sangat nyaman. Selain terbebas dari kemacetan, ruangannya sejuk ber-AC, juga tarifnya yang sangat murah, per orang hanya Rp 3000,- saja. Bandingkan dengan ongkos naik bus ke Cianjur sebesar Rp 15.000,- per orang.

Tujuan utama ke Cianjur sebenarnya cuma ingin merasakan bubur ayam Cianjur di Cianjur. Selama ini saya menikmati bubur ayam Cianjur bukan di Cianjur, tapi di Sukabumi, atau bahkan pernah juga di Ciawi. Belakangan saya lihat “invasi” bubur ayam Cianjur sudah merambah ke berbagai kota. Luar biasa, memang.

Jam 07.15 sampai di stasiun Cianjur. Pagi ini cukup ramai suasana di stasiun. Cuaca yang masih mendung dan jalanan yang terlihat masih agak basah sepertinya tak menyurutkan sebagian orang untuk beraktivitas, seperti terlihat ramainya orang-orang di sekitar stasiun yang bergerombol entah mereka hendak pergi kemana.

Suasana pagi di Stasiun Cianjut
Dari stasiun Cianjur saya berjalan menuju kawasan Bomero. Katanya disini ada pedagang bubur ayam yang terkenal dan melegenda, Bubur Ayam Sampurna. Sambil berjalan memasuki kawasan Bomero Citywalk, menoleh kiri kanan, akhirnya ketemu juga.

Ini dia kios Bubur Ayam Sampurna

Kios Bubur Ayam Sampurna
Saya memesan bubur ayam. Satu porsi lengkap dengan jeroan ayam. Tak lama menunggu, semangkuk bubur ayam telah tersaji dihadapan saya.

Hmmm, apa yang khas dari bubur ayam Cianjur ini? Satu pasti yang khas dan terlihat nyata adalah kerupuknya yang belang-belang berwarna-warni.

Penyajian yang khas dengan irisan jeroan ayam yang menutupi bubur

Sajian bubur ayam Cianjur siap santap

Selain bubur ayam yang tersaji dalam mangkuk, tersedia juga “asesoris” tambahan sebagai pelengkap. Di setiap meja telah disiapkan “asesoris” yang saya maksud seperti keroket, sate jeroan ayam, telur rebus dan telur asin.

“Asesoris” membuat bubur ayam tambah nikmat
Semakin lengkap dan nikmatlah menikmati suap demi suap bubur ayam Cianjur ini dipadu dengan keroket atau “asesoris” lainnya. Sila dicoba sendiri bila tak percaya…

Rupanya Bubur Ayam Sampurna ini telah eksis sejak tahun 1975 dan telah diliput oleh beberapa acara kuliner. Sampai saat ini tetap eksis dan kian terkenal. Hebat ya!

Bubur ayam Sampurna sejak 1975
Nah teman-teman, bila sedang berkunjung ke Cianjur, cobalah mampir ke Bubur Ayam Sampurna. Rasakan kelezatan racikan bubur ayamnya yang khas.

Sukabumi, 16 Maret 2023

Komentar