Taman Cikiray

Apa kabar sahabat-sahabat blogger dan siapapun yang sempat singgah dan membaca tulisan ini?

Semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan-NYA kepada kalian semua.

Ada beberapa tempat saya singgah dan beristirahat sejenak ketika melaksanakan aktivitas jalan kaki pagi, salah satunya merupakan sebuah taman, yaitu Taman Cikiray.

Inilah Taman Cikiray...

Taman Cikiray
Taman Cikiray

Sebenarnya jarak Taman Cikiray dari rumah saya hanya sekitar 15 menit jalan kaki. Cukup dekat. Namun saya biasa jalan memutar agak jauh dengan target sampai ke taman setelah sekitar 45 menit berjalan.

Taman Cikiray berada di belakang Stadion Sepak Bola Gelanggang Olah Raga Cisaat, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Lokasi taman yang seperti tersembunyi itu membuatnya tidak terlihat langsung dari jalan raya. 

Taman Cikiray hanya taman yang kecil saja, tidak seluas Alun-alun Cisaat. Namun menurut pengamatan saya taman ini terawat dengan baik, cukup sejuk dan indah dengan berbagai tanaman yang tumbuh disana dan juga beberapa pohon besar yang tumbuh disekitar taman.

Memasuki Taman Cikiray dapat melalui pintu sebelah kiri, sebelah kanan atau dari pintu depan. Jalan-jalan taman dan area taman bagian tengah berlantaikan paving block. Sangat ramah lingkungan.

Taman Cikiray

Taman Cikiray

Pada bagian tengah taman ada bangunan bundar terbuat dari tembok. Diatas bangunan bundar ini terdapat ornamen bulat seperti menggambarkan bola dunia; tertulis pada ornamen ini Taman Cikiray.

Ini bagian tengah taman. Motor yang sedang parkir itu adalah motor petugas kebersihan yang sedang melaksanakan tugasnya.

Taman Cikiray

Beberapa buah tempat duduk terbuat dari tembok dipasang menghadap ke bagian tengah taman. Tempat duduk ini di cat dengan warna biru dan kuning. Cukup nyaman juga duduk-duduk disini untuk sejenak melepas lelah.

Taman Cikiray

Taman Cikiray

Taman Cikiray - Istirahat dulu, pulang dari belanja di pasar Cisaat
Istirahat dulu, pulang dari belanja di pasar Cisaat

Walaupun Taman Cikiray berukuran kecil, tapi disini tersedia beberapa alat olah raga di tempat. Saya belum sempat mencoba alat-alat olah raga tersebut. Lain kali saya mampir lagi di Taman Cikiray akan saya coba memakai alat-alat olah raga tersebut.

Sesuai dengan apa yang saya perhatikan, perawatan rutin taman cukup terjamin. Seperti misalnya menyapu area taman. Setiap kali saya mampir di Taman Cikiray, sekitar jam 07.00 lewat saya melihat beberapa orang petugas kebersihan sedang menyapu taman.

Taman Cikiray

Selain menyapu, pada periode tertentu, mungkin 1 kali setiap minggu, dilakukan penyiraman pada tanaman yang ada di taman.

Biasanya saya istirahat sekitar 5 - 10 menit, sebelum melanjutkan perjalanan jalan kaki pagi 45 menit lagi menuju ke rumah.

Demikian cerita saya tentang Taman Cikiray. Taman kecil yang indah, sejuk dan terawat dengan baik.

Sukabumi, 12 Februari 2024


Komentar

  1. cantiknya taman, redup jerk... mesti seronok berjalan2 setiap pagi di sini.. udara segar, tempat redup, pokok banyak.. berlama-lama pun x tersedar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udara pagi di taman ini cukup segar dan sejuk, Mbak.
      Mungkin karena masih banyaknya pohon-pohon besar yang tumbuh.

      Salam,

      Hapus
  2. Walau gak terlalu luas tapi tempatnya bersih dan enak pak,bisa santai sekaligus jalan sehat dan olahraga,adem juga karena banyak pohon-pohon.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga yang rasakan dengan taman ini, Mbak. Tamannya tidak terlalu luas namun bersih dan terawat dengan baik. Juga cukup adem bila pagi hari disini.

      Salam,

      Hapus
  3. wah saya paling seneng duduk2 di taman, Om, sambil baca buku atau melukis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang duduk-duduk sambil baca buku sering saya jumpai di beberapa taman, tapi kalau sambil melukis, nah ini keren banget Mbak.
      Rupanya Mbak suka melukis ya?

      Salam,

      Hapus
  4. Wah asli enak bgt ini,aplg cuman 15 menit dari rumah,berasa di surga dunia aja hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak taman ini dekat sekali dengan rumah saya. Alhamdulillah ada taman yang cukup representatif walaupun tidak terlalu luas.

      Salam,

      Hapus
  5. Lumayan bagus pak taman cikaray, yang penting bersih tamannya dan juga adem, cocok buat jalan jalan.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul sekali Mas. Yang penting taman nya bersih dan adem, walau gak terlalu luas, jadi nyaman juga untuk tempat break saat jalan kaki pagi.

      Salam,

      Hapus
  6. Keren ada tempat olahraganya juga, tapi kelihatannya sepi, mungkin karena masih pagi, sore dan malam mungkin rame ya 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu suasana di taman saat masih pagi. Kalau siang agak ramai juga disini. Di sekitar luar taman ada beberapa pedagang makanan.

      Salam,

      Hapus
  7. Cantik dan bersih tamannya. Bersenam di pagi hari ketika tak ramai orang, dah tentu rasa tenang je kan pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, pagi masih sepi pengunjung, jadi tenang dan nikmat sekali bersenam dan beristirahat di taman ini.

      Salam,

      Hapus
  8. Bagus kerana ada aturan jadual penjagaannya. Semoga terjaga dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya masalah perawatan ini yang sering terlupakan, tapi bagusnya di taman ini ada perawatan harian yang setiap kali saya mampir, hal tersebut sudah berjalan.

      Salam,

      Hapus
  9. tempat bersenam dan beristirehat di waktu pagi dan petang...
    terima kasih kepada mereka yang menjaga taman ini dengan baik...
    harap-harap keindahan ini dapat dikekalkan sampai bila bila

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga harapan saya tentang taman ini, Mbak.
      Semoga tetap terawat dengan baik.

      Salam,

      Hapus
  10. bila nampak globe tu
    terus teringat universal studio
    hahahaha

    BalasHapus
  11. Pasti tenang beristirehat sebentar di taman ya, Pak Asa, sebelum sambung aktiviti jalan-jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, segar dan nyaman istirahat sejenak di taman ini sebelum lanjut jalan kaki.

      Salam,

      Hapus
  12. Redup sahaja suasananya sesuai untuk brisk walk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taman itu kecil saja, Mbak. Saya bias istirahat disini setelah 45 menit berjalan kaki aka brisk walk.

      Salam,

      Hapus
  13. Tempat begini biasanya saya jadiin track jogging mas 😄.paling suka jogging di taman2 begini Krn banyak pohon. Jadi ga berasa gerah bgt dan debu. Cuma sayangnya agak kecil yaa..tapi yg penting terawat sih ❤️. Ada Bbrp taman di JKT, tapi ga semuanya terawat. Ada juga yg sepertinya dibiarin, jadi nyemak banget. Sayang padahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak taman ini kecil saja. Cocok untuk berolah raga di tempat, atau duduk-duduk istirahat sejenak seperti yang biasa saya lakukan saat jalan kaki pagi.

      Sepertinya kasusnya sama Mbak. Disini juga ada beberapa taman yang tak terawat. Sayang ya padahal konsep awalnya sebagai sebagai RTH (ruang terbuka hijau).

      Salam,

      Hapus
  14. Saya suka jika ke taman yang tak ramai orang. Senang dan selesa untuk beraktivitas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak. Taman yang tak ramai membuat nyaman untuk berlama-lama dan membawa pikiran tenang.

      Salam,

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah singgah dan membaca tulisan saya. Bila berkenan, silahkan sahabat tinggalkan komentar. Cepat atau lambat saya akan membalas komentarnya dan mengunjungi blog sahabat.

Mohon ma'af komentar yang menyertakan link hidup akan saya hapus.