Hari Terakhir di Tahun 2023

Selamat Datang di Lapang Merdeka Sukabumi

Halo sahabat-sahabat blogger dimanapun kalian berada...

Apa kabar di hari terakhir tahun 2023 ini? Apakah kalian di tempat berlibur dalam menyambut pergantian tahun ini, atau di rumah saja berkumpul bersama keluarga tercinta? 

Apapun, semoga kalian baik-baik saja dan selalu dalam naungan bahagia.

Hari ini saya di rumah saja dan tetap melaksanakan kegiatan rutin setiap pagi, kecuali hari Jum'at, yaitu jalan kaki pagi. 

Biasanya saya berjalan kaki melewati rute-rute tertentu, tapi pagi ini saya ingin jalan kaki di Lapang Merdeka Sukabumi saja. Bagi saya berjalan kaki mengelilingi Lapang Merdeka dianggap sebagai selingan saja bila saya sudah bosan dengan rute-rute jalan kaki yang biasa saya tempuh.

Lapang Merdeka Sukabumi merupakan ruang terbuka publik. Upacara-upacara kenegaraan biasa dilakukan disini. Selain itu juga terbuka untuk digunakan sebagai lokasi olah raga bagi publik maupun bagi pelajar sekolah-sekolah. 

Ada dua jalur lingkaran di Lapang Merdeka. Jalur lingkaran bagian luar berwarna merah yang diperuntukkan bagi mereka yang melaksanakan aktivitas jalan kaki atau berlari. Pada bagian dalam terdapat jalur lingkaran berwarna biru untuk mereka yang berolah raga dengan sepeda atau sepatu roda.

Sekitar jam 06.15 pagi saya sudah berada di Lapang Merdeka. Rupanya sudah banyak anggota masyarakat Sukabumi yang berjalan kaki dan ada juga yang berlari mengelilingi lapang pada jalur merah. Sedangkan di sisi barat sudah banyak juga yang melakukan aktivitas senam bersama, dengan diiringi musik dan dipimpin oleh 3 orang instruktur yang berdiri diatas podium.

06.15 pagi - Lapang Merdeka masih belum banyak pengunjung

Senam pagi bersama diiringi musik dan dipimpin 3 instruktur

Saya biasa jalan kaki mengelilingi Lapang Merdeka selama 60 menit, rata-rata sebanyak 12 putaran. Namun melihat kepadatan jalur merah, sepertinya saya hanya akan berjalan kaki 30 menit saja. Karena Lapang Merdeka akan kian banyak pengunjung dan jalur merah akan padat, akan terasa kurang nyaman untuk tetap berjalan kaki.

Beginilah kepadatan Lapang Merdeka pada sekitar jam 07.30...




Di Lapang Merdeka banyak yang menyewakan alat-alat olah raga. Misalnya, bila kita ingin bersepeda atau bermain badminton sedangkan tidak membawa perlengkapannya, jangan khawatir kita dapat menyewa sepeda dan raket badminton dengan hitungan per jam. 

Banyak juga pedagang minuman dan makanan-makanan kecil. Para pedagang itu berjajar di pinggir jalur merah di sisi sebelah timur menjajakan dagangannya. Selain itu, ada juga penjual mainan anak-anak, pakaian olah raga hingga kaca mata...

Pedagang kue Ape - kue legendaris sejak zaman saya masih anak-anak

Pedagang balon mainan anak-anak

Berbagai model kaca mata, sila dipilih...

Oh iya, seandai kita ingin mengelilingi kota Sukabumi dengan cara yang unik, bolehlah kita naik delman yang siap mengantar dengan ongkos yang terjangkau. Delman-delman ini sudah menanti di depan Lapang Merdeka.

Delman siap mengantar berkeliling kota Sukabumi

Begitulah suasana ramai, padat dan seru di Lapang Merdeka setiap hari Minggu, seperti yang saya perhatikan tadi pagi di hari terakhir tahun 2023.

***

Akhir kata, sebagai penutup tulisan ini kepada sahabat-sahabat blogger saya ucapkan,

Selamat Menyambut Tahun Baru 2024,

dengan harapan semoga segala sesuatunya akan lebih baik...


Sukabumi, 31 Desember 2023


Komentar

  1. semoga sehat dan murah rezeki di tahun baru...
    Happy new year to you and yours

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mas
      Selamat tahun baru 2024,
      sukses selalu...

      Salam,

      Hapus
  2. Balasan
    1. Selamat tahun baru 2024, Wak
      Sukses selalu...

      Salam,

      Hapus
  3. Selamat menyambut tahun baru pak , sehat selalu, selalu dalam perlindunganNya,bahagia dunia akhirat..amiin🀲

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin YRA. Terima kasih Mbak.
      Selamat tahun baru 2024, sukses selalu ya Mbak.

      Salam,

      Hapus
  4. selamat tahun baru juga pak
    ramenya lapangan tengah kota kalau hari minggu sama dengan di kotaku, Jember sini pak. Rame dan puadat banget.
    kadang yang niat awalnya olahraga malah teralihkan ke kulineran street food

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru 2024, sukses selalu ya Mbak.
      Oh begitu juga suasana di lapang kota Jember. Betul juga akhirnya olah raga nya tergantikan sama kulineran...sama Mbak...

      Salam,

      Hapus
  5. Balasan
    1. Selamat tahun baru 2024, Mbak.
      Sukses selalu ya Mbak.

      Salam,

      Hapus
  6. Salam tahun baru 2024 Pak Asa. Ramainya orang yang berkunjung di Lapang Merdeka tu ye, saya fikir ada keramaian tapi rupa2nya memang tempat ni banyak pengunjung ya πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru 2024, Mbak. Sukses selalu di tahun ini ya Mbak.
      Setiap hari Minggu demikian suasana di Lapang Merdeka selalu ramai dengan pengunjung. Jadi kurang nyaman berolah raga disana, berbeda dengan hari-hari biasa, keadaan sepi dan nyaman untuk aktivitas olah raga.

      Salam,

      Hapus
  7. Selamat tahun baru om asa!!
    Pengaturan lapangan merdeka sangat bagus. Pembagian lapangan untuk pelari dan pejalan kaki dengan pesepeda patut diapresiasi. Kalau ga dibagi bakal semrawut dan kurang nyaman bagi semuanya.

    Ruang terbuka seperti ini bakal ramai jadi ya dinikmati saja dan dibuat senyaman mungkin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru juga, Mas. Sukses selalu di tahun ini ya.
      Iya Mas ini penataan yang baru. Jadi ada jalur khusus untuk pejalan dan pesepeda.
      Ini suasana normal di hari Minggu. Jadi ya enjoy saja dengan keramaian seperti begini.

      Salam,

      Hapus
  8. menjadikan jalan pagi sebagai kegiatan rutin benar-benar luar biasa, pak... apalagi sampai 60 menit, badan pasti tiap hari rasanya seger. Rute kali ini ke lapangan Sukabumi, ya Pak. Bagus banget lapangannya, disini nggak ada yang sebagus itu, kota kecil soalnya 😁

    Btw, selamat tahun baru Pak, semoga sehat selalu di 2024 dan semakin sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mas saya sudah rutin jalan kaki pagi sejak awal tahun lalu. Sebenarnya ini karena desakan kondisi tubuh yang sempat sakit berat. Jalan kaki salah satu solusi yang saya pilih.

      Selamat tahun baru 2023, Mas. Sukses selalu Mas.

      Salam,

      Hapus
  9. wahhh ramainyaaaa
    ada senamrobik tu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak ramai sekali kalau hari Minggu.
      Betul ada senam bersama, ada instrukturnya juga, jadi tinggal mengikuti saja.

      Salam,

      Hapus
    2. credit untuk mereka yang sumbang tenaga ajar buat senamrobikπŸ‘πŸ‘

      Hapus
    3. Betul Mbak, mereka rajin sekali memimpin senam setiap minggu.

      Salam,

      Hapus
  10. selamat tahun baru untuk mas sekeluarga
    semoga sentiasa sihat dan dilimpahi rezeki tidak bertepi...
    p/s kalau datang ke KL, DM saya ya! ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas do'a nya, Mbak.
      Selamat tahun baru 2024. Sukses selalu ya Mbak.
      Semoga kapan-kapan saya bisa jalan-jalan ke KL...

      Salam,

      Hapus
    2. saya tungguuuu
      insya allah

      Hapus
    3. Terima kasih, Mbak
      Ah entah kapan saya dapat berkunjung ke KL
      Semoga saja.

      Salam,

      Hapus
  11. suka liat pedagang kue. unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dibilang itu kue legendaris, Mbak.
      Sejak saya masih pelajar sekolah dasar, tahun 70-an, kue itu sudah ada, cara membuatnya sama persis demikian juga dengan tanggungannya.

      Salam,

      Hapus
  12. Salam tahun baharu 2024

    Wah! Meriahnya di sana!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun bary 2024, Uncle. Sukses selalu untuk Uncle.

      Iya ramai dan meriah suasama di Lapang Merdeka, begini suasananya setiap hari Minggu.

      Salam,

      Hapus
  13. Selamat tahun baru buat Bapak sekeluarga, semoga selalu dilimpahkan kesehatan dan berkah di segala hal...rutin olahraga bisa bikin fit...ini yang juga aku rutinkan juga pak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru 2024 juga, Mbak. Sukses selalu ya Mbak.
      Mari tetap berolahraga atau bergerak. Moga tubuh tetap sehat...

      Salam,

      Hapus
  14. Salut sama bapak, tiap Jumat olahraga jalan kaki. Kalo aku malas jalan kaki, entah kenapa.πŸ˜‚

    Lapang merdeka Sukabumi ramai mungkin pada mau tahun baru ya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya saya juga malas jalan kaki, Mas. Cuma karena saya pernah terserang sakit yang agak berat, akhirnya saya harus bergerak rutin. Jalan kaki ini pilihan saya. Karena mudah dan minim cedera. Saya jalan kaki setiap pagi, kecuali hari Jumat, saya istirahat.

      Suasana Lapang Merdeka memang seperti begitu setiap hari Minggu, Mas.

      Salam,

      Hapus
  15. Selamat Tahun Baru pak! Moga tahun baru ini akan lebih bermakna dan membahagiakan untuk bapak sekeluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak, Mbak
      Selamat tahun baru juga Mbak. Sukses selalu di tahun ini ya.

      Salam,

      Hapus
  16. Selaamt tahun baru pak asa... semoga yg baik² aja utk kita tahun ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak, Mbak.
      Selamat tahun baru juga, Mbak. Sukses selalu menyertai Mbak dan keluarga.

      Salam,

      Hapus
  17. Bagusnya, diasingkan laluan untuk yang berjalan dengan yang berbasikal. Dekat tempat saya, tak ada tempat begini. Semuanya campur aduk. Kalau kita lihat ada cyclist menuju dengan laju, kita ke tepi.
    Ramai betul orang beriadah di akhir tahun ya, Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini sebelumnya juga begitu Mbak tercampur antara pejalan dengan pesepeda. Sejak penataan ulang yang diresmikan pada Januari 2022 menjadi seperti saat ini.

      Di Lapang Merdeka selalu ramai seperti begini setiap hari Minggu, Mbak.

      Salam,

      Hapus
  18. selamat tahun baru pak, saya tak kemana cuma bersantai di rumah je. Lapang merdeka tu macam dataran merdeka di malaysia kot ye pak. Tapi lebih kepada taman rekriasi juga kelihatannya tu ye pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, saya juga tak kemana-mana, berkumpul bersama keluarga saja.
      Lapang Merdeka itu multi fungsi Mbak. Bisa jadi sebagai taman, tempat berolah raga sampai dengan tempat diadakannya upacara-upacara kenegaraan oleh Pemerintah Kota Sukabumi.

      Salam,

      Hapus
  19. Selamat Tahun Baru Pak! Best jalan jalan pergi sini kan.. Banyak jualan, saya kerja hari pertama tahun Baru sebab company tak ambil new year punya cuti.. hehe..so malamtu duduk berehat kat rumah je dengar bunyi bunga Api πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak kalau ke Lapang Merdeka kadang suka berubah rencana. Dari rencana serius jalan kaki jadinya kulineran...
      Wah tetap bekerja ya Mbak di hari pertama tahun baru? Sama seperti anak saya, bermalam tahun baru di tempat kerjanya, di hospital.

      Salam,

      Hapus
  20. Selamat tahun baru mas..
    Semoga yang baik-baik sahaja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru 2024, Mbak.
      Sukses selalu di tahun ini, dan semoga menjadi lebih baik dibanding tahun lalu.

      Salam,

      Hapus
    2. Aamiin.. buat mas juga ye..

      Hapus
  21. Balasan
    1. Terima kasih, Mas
      Bahagia dan sukses selalu untuk Mas.

      Salam,

      Hapus
  22. Enak juga ya. Ada sepeda sewaaan. Saya mungkin gak kuat lagi bersepeda. Mengingat usia tak muda lagi, dan sudah lama dimanjakan oleh motor. Terima kasih telah berbagi kisah, Mas Asa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seusia kita mending jalan kaki saja deh Mbak. Sudah payah kalau olah raga yang berat seperti bersepeda, itu yang saya rasakan.

      Sehat selalu ya Mbak dan sukses selalu di tahun yang baru ini.

      Salam,

      Hapus
  23. Masih belum terlambat MYiDEAKiNi untuk ucapkan Selamat Tahun Baru 2024 Pak. Semoga di tahun baru 2024 ini sentiasa sukses selalu dalam apa jua bidang sekalipun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mas
      Selamat Tahun Baru 2024, Mas. Sukses selalu dan semoga segalanya akan lebih baik di tahun ini dibanding tahun lalu.

      Salam,

      Hapus
  24. kami di sini duduk di rumah bersama keluarga shja seperti biasa.. selamat tahun baru dari kami di sini:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak, demikian juga dengan saya yang tetap di rumah saja berkumpul bersama keluarga.
      Selamat Tahun Baru 2024. Sukses selalu ya Mbak.

      Salam,

      Hapus
  25. Selamat tahun baru Pak Asa, semoga di tahun ini menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Sehat selalu saya doakan. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru 2024, Mas
      Sukses selalu ya Mas.

      Salam,

      Hapus
  26. wah, hobi Om ini hampir sama dengan saya, yaitu jalan kaki, memang jalan kaki bikin sehat ya Om... oya, salam kenal dari saya, saya follow blognya,
    selamat tahun baru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di usia saya, hanya jalan kaki olah raga yang rutin saya lakukan, Mas
      Salam kenal juga. Segera saya follow blognya.

      Salam,

      Hapus
  27. Happy New Year 2024. May all your dreams come true.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekamat tahun baru 2024, Pak
      Sukses selalu di tahun ini.

      Salam,

      Hapus
  28. salam...ramai sungguh orang nak bust aktiviti riadah..selain untuk sihat mereka juga boleh berbuat bismes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah suasana di Lapang Merdeka setiap hari Minggu, Mas.
      Ada yang sibuk dengan aktivitas olah raga, ada juga yang sibuk menjalankan usaha. Campur aduk dan ramai.

      Salam,

      Hapus
  29. Sungguh luar biasa
    masyarakat penuh semangat
    sebuah kegiatan yang menyehatkan warganya
    Wah kalau saya ke sana, bisa menjadi konten video youtube nih
    Ada penjual balon dan ada kuda delman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beginilah keramaian di Lapang Merdeka setiap hari Minggu, Mas.
      Betul Mas suasana begini boleh jadi akan menjadi konten yang menarik bagi youtuber seperti Mas.

      Salam,

      Hapus
  30. Selamat ganti kalender baru Bapak :D
    Btw ramai banget lapangannya ya. Asyik banget kalau olahraga di situ, tapi penjual jajanan mah merusak diet tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru juga Mbak.
      Iya ramai banget, seperti begini situasinya kalau hari Minggu.
      Nah itu Mbak, banyak yang jualan jajanan, godaan banget ini mah... 😁

      Salam,

      Hapus
  31. Ramaaaai nyaaaa πŸ˜„πŸ˜„. Aku pun biasanya langsung stop brisk walk kalo sepadat itu mas. Krn memang jadi ga nyaman untuk olahraga.

    Mendingan icip2 jajanan aja dulu yaaa 🀣.biasa banyak yg bikin laper mata kan 😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah singgah dan membaca tulisan saya. Bila berkenan, silahkan sahabat tinggalkan komentar. Cepat atau lambat saya akan membalas komentarnya dan mengunjungi blog sahabat.

Mohon ma'af komentar yang menyertakan link hidup akan saya hapus.