Lagu dan Kenangan: Kiss Me

Sixpence None The Richer | source: youtube
Saya pikir banyak orang yang sekali-sekali suka kembali ke masa silam. Walau secara fisik tidak memungkinkan, namun secara pikiran, perasan dan imajinasi sangat memungkinkan. Tentu saja untuk kembali ke masa silam dibutuhkan suatu penghubung atau suatu perantara atau katakanlah suatu medium.

Salah satu medium yang sering membawa saya ke masa silam adalah musik atau lagu. Salah satunya adalah lagu Kiss Me dari grup Sixpence None The Richer.

Lagu Kiss Me membawa pikiran dan kenangan saya ke masa-masa pahit dalam hidup saya. Tapi konon sebagian orang berpendapat, masa-masa pahit di masa lalu justru akan menjadi kenangan yang lebih indah dibanding dengan masa-masa manis. Eh, apa benar demikian?


Saat itu tahun 1998. Krisis moneter melanda negara yang kemudian merembet kepada krisis politik. Puncaknya Presiden Soeharto mundur dari tampuk kekuasaan dan zaman pemerintahan Orde Baru berakhir.

Guncangan krisis berimbas juga kepada dunia kerja. Perusahaan-perusahaan banyak yang berhenti beroperasi, atau kalaupun masih beroperasi namun dengan mengorbankan banyak pekerjanya untuk diberhentikan.

Hal yang serupa terjadi juga pada perusahaan tempat saya bekerja. Saya salah satu korbannya. Mau tidak mau, suka tidak suka saya harus meninggalkan perusahaan yang sudah 8 tahun saya bekerja disana. Ya, saya terkena PHK alias Pemutusan Hubungan Kerja alias lay off di pertengahan tahun 1998.

Dan, jadilah saya pengangguran...!

Sebagai pengangguran, aktivitas harian banyak berubah. Biasanya setiap pagi berangkat kerja, kini mengantar dua anak saya bersekolah, ke Sekolah Dasar yang agak jauh dari rumah. Lalu di siang hari, saya kembali ke sekolah menjemput anak-anak pulang ke rumah.

Sesampainya di rumah, saya biasa langsung menghidupkan tv. Siang hari selalu saya membuka salah satu saluran tv yang memutarkan lagu-lagu yang sedang hits saat itu. Saat itulah sering ditayangkan video klip lagu Kiss Me dari Sixpence None The Richer.

Sixpence None The Richer - Kiss Me | source: youtube

Entah sampai beberapa bulan ke depan, video klip lagu Kiss Me selalu tayang setiap hari. Barangkali karena keseringan menyimak lagu itu, tak aneh bila lagu itu menancap kedalam pikiran saya.

Kiss Me demikian berkesan dan berpengaruh dalam hidup saya. Bahkan hingga kini, bila menyimak lagu itu pikiran saya jauh menerawang ke tahun 1998 - 1999, saat kepahitan hidup saya rasakan, dan menjalani keseharian sebagai penganggur hingga awal tahun 2000.

Inilah Kiss Me, lagu untuk mengenang masa-masa pahit dalam hidup saya,


Teman-teman, adakah lagu yang demikian berkesan dan berpengaruh kedalam hidup kalian?

Sukabumi, 15 Juni 2023

Komentar

  1. Tahun 2008. 2 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, doktor mengabarkan anak dalam kandungan saya sudah tidak ada denyut jantung. Harus segera dikeluarkan. Dalam wad sementara menunggu masuk bilik OT, lagu artis Malaysia Aisyah 'Setitis Cahaya di Aidilfitri' diputar berulang2 kali. Saya dengar sambil menahan sakit kontraksi sambil menangis. Sampe sekarang kalau saya dengar lagu itu, terus bikin keluar air mata Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, saya membaca komentar Mbak sampai terharu. Terbayang perjuangan seorang ibu dan kesedihannya saat mengetahui kalau bayi dalam kandungannya sudah tiada.
      Saya cek lagu Aisyah di youtube, lirik lagunya demikian mengayat Mbak.

      Tentang penyanyi Aisyah, saya hanya kenal lagu "Janji Manismu", rilis tahun 90-an. Lagu tersebut cukup populer disini.

      Salam,

      Hapus
  2. Saya tau lagu ini pak..sering denger Juga dulu...wah sebetulnya banyak lagu kenangan saya ..ga ada satu lagu yg ga spesial..semua spesial walau ga banyak,salah satunya Still the one nya Shania Twain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mbak...semua lagu spesial ya Mbak. Mbak pencinta musik juga rupanya.
      Lagu Still the One-nya Shania memang enak didengar Mbak.

      Salam,

      Hapus
  3. Lagu Kiss me ini sangat populer. Lagu ini sering masuk dalam playlist lagu yg aku putar. Lagu-lagu di periode 90--awal 2000-an.

    Aku lupa apakah ada lagu yang berpengaruh dalam kehidupan aku ga, tapi aku ingat kalau ada lagu yang mengingatkan pada momen tertentu. Kayak lagu Sepanjang Jalan kenangan yg dinyanyikan oleh teti kadi yang pernah aku dengar dari pengamen di bus yang naik di lubuklinggau dalam perjalanan bengkulu ke padang.

    Kalau dengar lagu itu jadi mengingatkanku dalam perjalanan Bengkulu-padang menggunakan bus...hehhehe

    Pengalaman yang luar biasa om :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepanjang Jalan Kenangan-nya Teti Kadi lagu klasik banget Mas dan tetap sering diperdengarkan sampai saat ini. Pantas juga dibawakan oleh pengamen.
      Asik juga ya Mas naik bus Bengkulu - Padang. Pemandangannya indah ya Mas?

      Salam,

      Hapus
  4. kenangan zaman belajar dulu lagu ni.. best

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...Mbak masih status pelajar saat lagu itu populer?
      Selamat mengenang masa indah tersebut Mbak.

      Salam,

      Hapus
  5. Lagu ini mengingatkan saya masa masa SMA Om, zaman mantengin lagu-lagu terbaru via radio FM. Ini dulu soundtrack Dawson's Creek bukan ya? Saya ga ngikutin seriesnya malah lebih hapal lagunya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas masih sangat muda rupanya. Saat lagu itu populer Mas masih duduk di bangku SMA, saya sudah beranak 3...hehehe
      Nah, kalau tentang Dawson's Creek malah saya kurang tahu series itu Mas.

      Salam,

      Hapus
  6. saya pernah ada pengalaman penggangguran juga...memang pahit untuk dikenang dan sangat sukar untuk dilupakan...sebab itu lagu boleh jadi healing untuk mengubati kelukaan di hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah betul Mas masa-masa pahit memang sering membekas dalam ingatan.
      Jadi lagu bolehlah sebagai healing juga, semoga masa pahit itu tidak terulang lagi.

      Salam,

      Hapus
  7. Waaah kebayang sedihnya itu mas.. THN 98 saya masih SMU kls 1. Krn keluarga di Aceh, jujurnya kejadian 98 ga berasa. Saya malah tau ttg kejadian anarkisnya dari tv. Padahal Aceh Utara adem ayem banget waktu itu.

    Tau sih lagunya, tapi memang bukan genre fav saya 🤣.

    Lagu yang sampe bikin saya keinget trus sampe skr, dan masih suka, sering diputer pas emosi, sedih, marah, itu lagunya Motley Crue yg judulnya Bitter Pill, trus Dream Theater yg judulnya The spirit Carries On. Liriknya dalem bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih remaja saat peristiwa 98 ya Mbak.
      Kalau saya menyaksikan sendiri peristiwa tersebut. Setiap hari bus yang saya tumpangi menuju tempat kerja melewati Gedung MPR dan Univ Trisakti.

      Musisi-musisi ya Mbak sukai tidak saya kenal. Kalau Dream Theater pernah nebeng denger di teman, tapi saya kurang paham. Memang selera musik berbeda-beda ya Mbak.

      Salam,

      Hapus
  8. Begitu tahu judulnya, dalam hati spontan langsung nyanyi aku pak...maklum slamat slamat waktu masih kecil aku sepintas sering dengar diputar ditipi atau siaran radio, cuma aku apal bagian reffnya aja...ini modelan sama apalnya kayak lagu ABBA yang judulnya Ciquitita hehehe...

    tapi baca lagu ini aku jadi trenyuh baca kisah bapak saat 98 dan lagu ini menemani hari hari...tahun 98 aku masih kecil banget, masih banyak belum mudengnya baru aja masuk SD abis kelar TK pak....

    kalau ngomongin lagu ada beberapa judul lagu yang aku suka di beberapa masa kayak SD-SMP-SMA, misal backstreet boys i want it that a way, britney spears sometimes, westlife i lay my love on you, written in the star, when you looking like that, bop bop baby, NSinc This a promise you

    pas kuliah aku suka lagunya Mandy Moore I wanna Be With You, Avril Lavigne I'm with you, Chrish Brown With You, Crish Brown feat Jordin spark : No Air, nelly Furtado : Say it right, Jai ho : Nichole Sczershinger, Backstreet boys Incompete dan I Still, Jay Sean Down dan Donyou remember, Kardinal Offishal Dangerous ama Number One

    Udah gede lagi sania twain from this moment dan you've got the way...soalnya lagunya romantis gitu pak

    pas mau lamaran waiting for supermannya daughtry pak wkwkkw...banyak amat ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak kenal juga dengan lagu-lagu ABBA rupanya. Grup itu populer banget saat itu. Jadi tahun 98 baru masuk SD ya Mbak? Sepertinya Mbak ini seumuran dengan anak saya no. 2 deh.

      Wah, banyak juga lagu-lagu yang disukanya Mbak. Barangkali setiap lagu mempunyai kenangan tersendiri - seperti lagu saat lamaran itu - atau boleh jadi memang lagu tersebut enak didengar saja ya Mbak.

      Salam,

      Hapus
  9. masa mula mula kena grup ni saya tertanya tanya juga kenapa namanya panjang?

    then terus teringat grup Michael Learns To Rock😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...ternyata ada juga grup band lain yang namanya panjang ya Mbak...

      Salam,

      Hapus
  10. saya tak sure masa lagu ni keluar, ia seakan satu trend di mana judul lagu ada perkataan kiss. sbg contoh kiss the rain, kiss the girls, etc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kenapa banyak kata "kiss" pada lagu-lagu saat itu ya Mbak?
      Mungkin orang semakin terbuka dalam menyatakan perasaan?

      Salam,

      Hapus
  11. dulu sering dengar tetangga putar lagu ini, sampai2 saya ikut hafal lagunya, tapi gak tau artinya, karena saat ini saya masih anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demikian ya Mas...
      Waktu kecil juga saya punya tetangga yang suka menyalakan musik keras-keras, sampai sekarang masih ingat lagunya dari grup Osibisa, Sunshine Day.

      Salam,

      Hapus
  12. Ternyata pindah ke blogspot ya :D sesekali bolehlah mengenang masa lalu, bagaimanapun itu sudah jadi bagian dari cerita di hidup kita. Meski demikian perlu diingatkan kita tidak boleh sampai terlalu memikirkannya hingga terhanyut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mbak saya main di blogspot. Dulu awal ngeblog memang pakai blogspot, tapi kemudian pindah ke wordpress. Eh sekarang jadi ingin main lagi di blogspot.

      Betul Mbak, sesekali saja menoleh ke belakang melalui kenangan masa lalu, tapi tentu tidak terlalu dalam sehingga tidak terhanyut.

      Salam,

      Hapus
  13. Masa lagu ni popular, saya masih di bangku sekolah menengah. Saya teringat, saya ada nonton satu movie Inggeris di panggung wayang, dan salah satu lagu dalam movie itu adalah Kiss Me.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... Mbak masih sangat muda sekarang ya...
      Apa film Inggris nya Mbak? Saya penasaran.

      Salam,

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah singgah dan membaca tulisan saya. Bila berkenan, silahkan sahabat tinggalkan komentar. Cepat atau lambat saya akan membalas komentarnya dan mengunjungi blog sahabat.

Mohon ma'af komentar yang menyertakan link hidup akan saya hapus.