Pemenang Album Jazz Terbaik - AMI Awards 2023

sumber: IG @amiawards

Kepenasaran saya setiap tahun saat berlangsung perhelatan Anugerah Musik Indonesia, AMI Awards, selalu bertanya-tanya album jazz apakah yang dinobatkan sebagai pemenang untuk kategori Album Jazz Terbaik pada tahun ini?

Rasa penasaran ini setidaknya bermula dari bulan September, saat dirilis daftar nominasi untuk setiap kategori, sampai akhirnya terjawab saat diumumkan pemenangnya pada malam penganugerahan AMI Awards pada 8 November 2023.

Sebagai jawaban atas kepenasaran saya... akhirnya yang ditetapkan sebagai pemenang untuk kategori Album Jazz Terbaik 2023 adalah album "Some of My Best Friends are Jazz Cats!" dari kelompok Dua Empat.

Selamat kepada Dua Empat atas prestasi yang gemilang ini. Tentunya prestasi ini merupakan buah dari hasil kerja keras kalian dalam mencipta, menata dan menyajikan suguhan jazz yang apik yang tertuang dalam album "Some of My Best Friends are Jazz Cats!". 

Dua Empat terdiri dari pasangan duo gitaris jazz muda yaitu Alvin Ghazalie (elektrik gitar) dan Misi Lesar (akustik gitar). Penggarapan album "Some of My Best Friends are Jazz Cats!" dengan melibatkan dua musisi yaitu Hansen Arief (double bass) dan Joshua Alexander (drums) dan juga melibatkan 8 vokalis dengan masing-masing membawakan satu lagu jazz standar pada album ini.

Album "Some of My Best Friends are Jazz Cats! dengan 12 ikon kucing lucu

Album "Some of My Jazz Friends are Jazz Cats!" dirilis pada bulan bulan Juni 2023. Cover album dihiasi dengan 12 ikon kucing lucu yang menggambarkan 4 musisi dan 8 vokalis yang terlibat. Selain menjadi pemenang untuk kategori Album Jazz Terbaik, pada tahap nominasi album ini memperoleh dua nominasi yaitu nominasi untuk kategori Album Jazz Terbaik dan nominasi untuk ketegori Artis Jazz Terbaik untuk nomor "I Wish You Love" yang dibawakan oleh vokalis Vira Talisa.

"Tidak bisa berkata-kata. Bersyukur bisa masuk nominasi di AMI Awards tahun ini, tapi ga pernah nyangka bisa menang dan perform main jazz di malam penganugrahannya. Puji Tuhan, tahun ini kami bisa mendapatkan award dalam kategori "Album Jazz Terbaik. Thank you so much @amiawards untuk apresiasinya", demikian ungkapan syukur dari Dua Empat seperti mereka tulis dalam unggahan instagram pada akun @duaempatmusic.

Alvin dan Misi saat menerima piala AMI Awards 2023 | sumber: IG @duaempatmusic

Dua Empat dan 2 musisi pendukung di panggung AMI Awards 2023 | sumber: IG @duaempatmusic

Sejenak mari kita simak lagu "I Wish You Love" yang dibawakan oleh vokalis Vira Talisa, sebagai peraih nominasi kategori Artis Jazz Terbaik AMI Awards 2023.

***

Saya mengenal Alvin Ghazalie sebagai gitaris jazz sejak ia merilis albumnya berjudul "Exist" pada tahun 2016, sebelum ia berkolaborasi dengan Misi Lesar dan membentuk Dua Empat. Debut album Dua Empat dirilis pada tahun 2017 berjudul "Two of A Kind".

Sejauh yang saya ketahui, setelah kedua album tersebut diatas, mereka tidak lagi merilis album dalam bentuk fisik tapi karya musiknya hanya dapat dinikmati di digital streaming platforms saja. Saya masih menyimpan 2 album Dua Empat dalam bentuk CD, plus tanda-tangan mereka pada cover albumnya.

CD album "Exists" dan "Two of A Kind" | sumber: Koleksi pribadi

Sebelumnya telah beberapa kali saya menyaksikan langsung penampilan Dua Empat pada festival jazz yang sempat saya hadiri, sebut saja di JGTC festival (2016), di Jakarta International Jazz Day Festival (2017) dan di @america (2017).

Yang paling berkesan saat menyimak penampilan mereka pada konser yang berlangsung di @america. Konser ini menampilkan komposisi-komposisi karya musisi jazz legendaris Charlie Parker, konsernya sendiri diberi judul Tribute to Charlie Parker. Saya benar-benar kagum dengan kepiawaian mereka dalam bermain gitar, mengaransir, berimprovisasi dan menyajikan suguhan jazz yang kompak, apik dan menawan.

Usai konser, sempat berbincang sejenak dan diakhiri dengan berfoto bersama.

(Berdiri) Kiri - Kanan: Dave Rimba, Kevin Yosua, Alvin Ghazalie, Misi Lesar dan saya. (Jongkok): Nesia Ardi

***

Harapan saya bagi Dua Empat dengan pencapaian yang diraih album "Some of My Best Friends are Jazz Cats!" sebagai pemenang Album Jazz Terbaik 2023 semoga pencapaian ini terus memacu semangat kalian untuk tetap berkarya dengan lebih baik lagi pada dunia musik tanah air umumnya, khususnya jazz.

Sebagai penutup, mari simak video klip lagu Head to the Clouds yang dibawakan oleh vokalis Marini Nainggolan. Lagu ini terdapat dalam album "Head to the Clouds" yang dirilis pada tahun 2021.


Sukabumi, 18 November 2023

***

Tulisan terkait pada blog saya Sisi Hidupku:

  • Tentang Dua Empat, Tribute to Charlie Parker: Konser Jazz Dua Empat yang Menawan di @america, pada tautan ini >> link
  • Tentang Vira Talisa, Vira Talisa: Satu Jam Menghangatkan Udara Malam Sukabumi, pada tautan ini >> link

Catatan:

Anugerah Musik Indonesia (sering pula disebut dan disingkat sebagai AMI Awards) adalah sebuah penghargaan tertinggi di industri musik Indonesia yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) untuk mengakui prestasi yang luar biasa musisi Indonesia di setiap tahunnya.

Pemenang AMI Awards 2023 untuk Bidang Jazz:

Artis Jazz Terbaik
Indra Lesmana - Do The Math

Artis Jazz Kontemporer Terbaik
Barry Likumahuwa & The Rhythm Service - 24 Moments

Album Jazz Terbaik
Some Of My Best Friends Are Jazz Cats! - Dua Empat, Hansen Arief, Joshua Alexander

==oo0oo==



Komentar

  1. Tahniah buat pemenang AMI Awards 2023 kategori Jazz 🎉 Dah lama Pak Asa menyepi ya. Sibuk ke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mbak sudah beberapa bulan absen ngeblog. Sebenarnya buka karena sibuk, hanya malas update saja.
      Moga ke depan mulai ada semangat kembali.

      Salam,

      Hapus
  2. Sudah lama pak gak ada postingan...penggemar musik jazz ya pak Asa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah begitulah Mbak, malas banget buat update blog. Besok-besok moga semengat lagi buat berbagi.
      Segala jenis musik saya suka Mbak. Cuma jazz yang paling saya suka, sampai dulu mah bela-belain ke berbagai daerah cuma buat hadiri festival jazz.

      Salam,

      Hapus
  3. Gak sengaja terdampar di blog keren ini. Salam knl Pak Asa. Ijin saya follow blognya.
    Wah, kalo membahas musik, saya sebenarnya pencinta musik Rock dan Blues.
    Tapi kliatannya Pak Asa ini penyuka musik Jazz ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya Mas. Salam kenal juga.
      Saya sudah kunjungi blognya. Blognya keren Mas.
      Saya sudah follow juga blognya Mas.

      Berbagai jenis musik saya suka, tapi yang paling suka ya jazz ini.

      Salam persahabatan dari Sukabumi,

      Hapus
  4. Muzik Jazz memang layan juga dan mereka ada pemiinat yang tersendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, musik jazz memiliki penggemarnya sendiri. Tapi memang rasanya penggemarnya tidak sebanyak musik pop.

      Salam,

      Hapus
  5. Terima kasih kerana kenalkan uncle dengan Dua Empat.... Sangat soothing lagunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Uncle. Semoga suka dengan musik sajian dari Dua Empat.

      Salam,

      Hapus
  6. Alhamdulillah ada update blog lagi, kirain sudah vakum.😄

    Kalo musik jazz aku kurang mengikuti jadi kurang tahu musisi nya siapa saja pak. Paling kenalnya Indra Lesmana doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mas kemarin2 malas banget ngeblog, ga mood saja. Coba sedikit dipaksa nulis lagi nih...
      Kalau Indra Lesmana sih top banget. Rekaman sejak masih kecil waktu di Australia.

      Salam,

      Hapus
  7. Dikira Mas Asa sudah pergi dari blog, dan tak akan kembali lagi. Hehe ....

    Setiap pribadi punya selera musik yang berbeda. Sesuai pula dengan zamannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kembali lagi nih Mbak.
      Kemarin2 malas walau cuma sekadar blogwalking. Tapi kalau ga ngeblog koq rasanya ada yang hilang...jadi kembali lagi nih Mbak walau nulis apa adanya saja.

      Betul Mbak setiap pribadi punya preferensi musik yang berbeda. Wajar demikian ya Mbak..

      Salam,

      Hapus
  8. Keren menjadi pemenang AMI Awards 👍
    Dan 24 sdh pernah main di @amerika juga ya bang? berarti sdh termasuk go internasional 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kedepan Dua Empat segera go internasional, demikian harapan saya.

      Salam,

      Hapus
  9. Salam perkenlan dari saya.. Terima kasih singgah blog saya..
    Done follow sini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah follow kembali blog saya, Mbak.

      Salam persahabatan selalu

      Hapus
  10. wahhh tahniah tahniah kerana memenangi AMI Awards. suatu pencapaian yang membanggakan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak, membanggakan sekali prestasi Dua Empat.

      Salam,

      Hapus
  11. ini boleh pergi sampai ke Grammy Awards!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saja, Mbak.
      Sampai saat ini hanya Joey Alexander yang sampai memperoleh nominasi Grammy Awards, semoga nanti Dua Empat juga.

      Salam,

      Hapus
  12. selamat semoga berkelanjutan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demikian juga harapan saya kepada Dua Empat ini.

      Salam,

      Hapus
    2. kenikmatan terendiri mendengarkan music jazz

      Hapus
  13. Jujur jazz bukan genre favorit saya. Tapi bukan tak bisa dengar, bisa, cuma hanya sebatas itu 😅. Tapi saya sukaaa denger lagu2 seperti ini saat makan di restoran fine dining yg biasanya memutar lagu2 jazz yg lembut, bikin suasana makan jadi romantis ❤️👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selera musik setiap orang memang tak sama ya Mbak.
      Betul jazz yang lembut suka diputar menemani saat rileks semisal di restoran. Nyaman menyimaknya.

      Salam,

      Hapus
  14. kemaren band favorit saya saint loco juga dapat penghargaan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti Mas penyuka musik metal ya...

      Salam,

      Hapus
  15. ikut senang
    terus semangat dalam berkarya
    makin sukses pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas demikian juga harapan saya pada Dua Empat.

      Salam,

      Hapus
  16. Indra lesmana ternyata masih produktif dengan mengeluarkan lagu jazz. Selalu suka ketika lihat dia main. Meskipun, aku bukan penggemar musik jazz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, Indra Lesmana masih tetap produktif berkarya. Saya mengikuti karya-karya musiknya sejak pertama dia rekaman di Australia.

      Salam,

      Hapus
  17. Dulu saya sering mendengarkan lagu2 jazz, tapi kalau sekarang ditanya siapa saja musisi jazz yang masih aktif saya tidak tau. Hehehe. Sepertinya kemampuan saya membaca buku sambil mendengarkan musik sudah menghilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang banyak perkembangan baru dlm musik jazz. Artis-artis jazz bermunculan, sebut saja DuaEmpat, NonaRia, Tulus...
      Membaca buku sambil menyimak musik memang asik ya Mbak. Tapi sekarang saya sudah tak tahan baca buku, baru 10 halaman mata sudah ngantuk padahal sudah dibantu pake kaca mata plus...ah faktor U...

      Salam,

      Hapus
  18. Pak Asa rupanya peminat irama jazz, ya?
    Saya apabila dengar muzik jazz sebegini, terus terasa seperti berada di lobi atau lounge hotel. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya suka jenis musik apapun, Mbak. Cuma dengan jazz ini saya sampai rela menghadiri berbagai festivalnya di berbagai daerah, demikian juga dengan koleksi album-albumnya.

      Memang jazz yang lembut sering diperdengarkan di lobi atau lounge, mungkin membawa efek tenang bagi pendengarnya.

      Salam,

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah singgah dan membaca tulisan saya. Bila berkenan, silahkan sahabat tinggalkan komentar. Cepat atau lambat saya akan membalas komentarnya dan mengunjungi blog sahabat.

Mohon ma'af komentar yang menyertakan link hidup akan saya hapus.